Selasa, 08 April 2014

11:08:00 PM
BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri lagi Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman kebudayaan. Namun, pada era globalisasi seperti sekarang ini kebudayaan di Indonesia lambat laun semakin tidak tersentuh oleh masyarakatnya sendiri. Banyaknya kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia menyebabkan kebudayaan lokal pun terkikis oleh zaman yang semakin menyukai kebudayaan dari luar. Yang paling mendominasi penyuka kebudayaan dari luar yaitu kalangan pelajar. Pelajar adalah generasi yang akan melanjutkan bangsa ini. Oleh karena itu, pelajar harus mengenal dan menerapkan kebudayaan yang ada pada bangsa Indonesia.

1.2. Rumusan Masalah

Bagaimana pengembangan budaya lokal di perguruan tinggi yang sudah dilakukan hampir diseluruh perguruan tinggi?

1.3. Tujuan

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui atau memperoleh pengetahuan baru yang mendasar dan menyeluruh mengenai pengembangan budaya lokal di dalam perguruan tinggi sebagai penerus-penerus dan pencetus-pencetus baru untuk budaya lokal di Indonesia.


BAB II
PEMBAHASAN

Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai yang diturunkan kepada setiap generasi kegenerasi agar dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Dapat diartikan bahwa budaya Indonesia merupakan suatu kesatuan yang berasal dari setiap daerah yang berada pada wilayah NKRI. Kebiasaan tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan identitas daerahnya masing-masing.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang, kebudayaan dari luar pun ikut masuk ke Indonesia. Style atau gaya yang ikut masuk sangat mempengaruhi kaum muda yang ada. Mulai dari cara berpakaian, berbicara, aliran musik, dan juga tingkah lakunya sudah mengikuti budaya luar. Tak heran sekarang ini budaya Indonesia hampir tidak ada yang mengetahuinya terutama anak-anak muda. Mereka mulai meninggalkan budaya bangsa dan lebih memilih budaya luar, dengan beralasan karena budaya Indonesia itu  kurang menarik. Bagi, kaum muda yang mmemiliki pemikiran yang tidak stabil kebudayaan Indonesia dirasa masih tertinggal dari kata moderen. Hal inilah yang menyebabkan kaum muda lebih memilih kebudayaan luar. Dengan adanya pemikiran yang seperti itu, maka budaya Indonesia tidak akan berkembang tanpa adanya peran serta dari kaum muda. Pentingnya anak-anak muda zaman sekarang mengenal budayanya sendiri dapat menjadikan Indonesia menjadi negara luhur yang masih mempertahankan kebudayaan aslinya.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara agar budaya lokal agar dapat mengembalikan rasa cinta terhadap budaya lokal. Cara menumbuhkan budaya lokal tidaklah sulit. Para kaum muda dapat menerima pelajaran muatan lokal (kesenian) berbasis pelestarian seni budaya setempat.  Didalam pelajaran kesenian kaum muda dapat di kenalkan dengan budaya-budaya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Pentingnya budaya lokal (budaya Indonesia) terhadap kaum muda bertujuan untuk membentuk karakter kaum muda Indonesia.

Salah satu cara untuk menumbuhkan kembali rasa cinta kaum muda dengan kebudayaan lokal adalah dengan melakukan inovasi terhadap kebudayaan lokal, dengan cara ini kebudayaan dapat terlihat lebih modern sehingga kaum muda tidak akan malu untuk melakukannya.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat pungkiri banyak sekali perubahan yang terjadi. Tidak hanya teknologi yang semakin meningkat, kebudayaan pun terkena dampak dari globalisasi tersebut. Indonesia memang memiliki banyak kebudayaan yang ada. Akan tetapi, kaum muda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa ini kurang melirik kebudayaan asal negaranya sendiri. Mereka lebih menikmati kebudayaan yang berasal dari luar. Oleh karena itu, pemberian pelajaran ataupun mata kuliah muatan lokal (kesenian) harus diberikan kepada kaum muda. Agar mereka dapat mengerti, menerapkan, dan juga melestarikan kebudayaan yang ada pada bagsa Indonesia. Melakukan inovasi pada kebudayaan lokal juga dapat meningkatkan kembali rasa cinta kaum muda pada kebudayaan lokal.


REFERENSI

Prasetya, Joko Tri., Drs. 2013. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta