Rabu, 15 Oktober 2014

4:26:00 AM
Pada lingkungan masyarakat saat ini, sudah jarang sekali di temui organisasi-organisasi yang terbentuk. Terutama terjadi pada masyarakat perkotaan. Dengan alasan sibuk dengan pekerjaannya, mereka lebih memilih untuk menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Namun berbeda dengan lingkungan masyarakat pinggir kota atau biasa disebut perkampungan, disini para warga lebih antusias dalam berorganisasi.

Saya akan menceritakan sedikit tentang organisasi yang ada disekitar lingkungan rumah. Disini terdapat dua organisasi yang masih cukup aktif, yaitu majelis untuk laki-laki dan majelis untuk perempuan.

Kegiatan utama dari majelis laki-laki adalah pengajian yang dilakukan tiap minggu dan apabila terdapat acara-acara tertentu seperti perayaan maulid nabi dan syukuran. Pada pengajian tiap minggu, acara digelar dirumah-rumah anggota secara bergilir dan dilaksanakan tiap kamis malam. Dengan dipimpin oleh salah satu anggotanya, secara bersama-sama semua membaca Surah Yasin, berselawat dan mendoakan pemilik rumah. Sedangkan pada pengajian untuk syukuran dan perayaan maulid nabi, biasanya akan ditambahkan dengan hiburan rebana. Namun karena anggota majelis yang terus berkurang, kini pengajian selalu di laksanakan di musholla.

Tidak jauh berbeda dengan kegiatan majelis laki-laki. Pengajian majelis perempuan dilaksanakan dirumah-rumah anggota secara bergilir tiap rabu sore. Namun pada akhir pengajian, salah satu anggota yang juga seorang ustazah akan memberikan sedikit ceramah. Tidak seperti majelis laki-laki, karena solidaritas tiap anggota yang tinggi, maka anggota majelis ini cenderung bertambah.

Demikian sedikit tentang organisasi yang ada disekitar lingkungan saya. Dari sini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa salah satu kunci agar organisasi dapat terus berkembang, maka dibutuhkan solidaritas dari tiap anggotanya.