Sabtu, 26 Juli 2014

12:49:00 AM


BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang

Nilai, moral dan sikap merupakan tiga konsep yang terdapat dalam pribadi seseorang. Setiap konsep ini memiliki makna, pengaruh, dan konsekuensinya masing-masing dalam pribadi seseorang.

Faktor lingkungan adalah faktor yang sangat berpengaruh pada perkembangan nilai, moral dan sikap seseorang. Lingkungan ini mencakup lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dampak dari faktor lingkungan pada seseorang meliputi psikologis, sosial, budaya, dan fisik kebendaan.

Namun faktor lain yang cukup berpengaruh adalah modernisasi, dimana faktor ini timbul akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Faktor ini memiliki dampak buruk, yaitu menimbulkan nilai-nilai yang tidak jelas dan membingungkan bagi seseorang.

Oleh karena itu untuk membangun pribadi yang kuat, kita harus bersikap bijak pada setiap faktor yang dapat mempengaruhi pribadi kita.

1.2        Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas maka masalah yang muncul kemudian adalah:
1.      Apa hakikat nilai, moral dan sikap dalam kehidupan manusia?
2.      Apa hubungan antara nilai, moral dan sikap dalam kehidupan manusia?
3.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi nilai, moral dan sikap manusia?

1.3        Tujuan Penulisan

Penulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan baru yang mendasar mengenai prinsip moral membangun pribadi yang kuat. Serta memahami lebih dalam mengenai hakikat nilai, moral dan sikap dalam kehidupan manusia.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Nilai, Moral, dan Sikap

Ada tiga konsep yang masing-masing mempuyai makna, pengaruh, dan konsekuensi yang besar terhadap perkembangan perilaku individu.

1.      Nilai
Dalam kamus bahasa Indonesia, nilai adalah harga, angka kepandaian. Adapun menurut Spranger, nilai diartikan sebagai suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu. 

2.      Moral        
Istilah moral berasal dari kata Latin Mores yang artinya tata cara dalam kehidupan, adat istiadat, atau kebiasaan. Maksud moral adalah sesuai dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia mana yang baik dan wajar. Moral merupakan kaidah norma dan pranata yang mengatur perilaku individu dalam kehidupannya dengan kelompok sosial dan masyarakat. Moral merupakan standar baik-buruk yang ditentukan bagi individu sebagai anggota sosial. Moralitas merupakan aspek kepribadian yang diperlukan seseorang dalam kaitannya dengan kehidupan sosial secara harmonis, adil, dan seimbang. Perilaku moral diperlukan demi terwujudnya kehidupan yang damai penuh keteraturan, ketertiban, dan keharmonisan.

3.      Sikap
Sikap merupakan salah satu aspek psikologi individu yang sangat penting karena sikap merupakan kecenderungan untuk berperilaku sehingga akan banyak mewarnai perilaku seseorang. Sikap setiap orang berbeda atau bervariasi, baik kualitas maupun jenisnya sehingga perilaku individu menjadi bervariasi. Pentingnya aspek sikap dalam kehidupan individu, mendorong para psikolog untuk mengembangkan teknik dan instrumen untuk mengukur sikap manusia. Beberapa tipe skala sikap telah dikembangkan untuk mengukur sikap individu, kelompok, maupun massa untuk mengukur pendapat umum sebagai dasar penafsiran dan penilaian sikap.

2.2.      Hubungan antara Nilai, Moral, dan Sikap

Nilai merupakan dasar pertimbangan bagi individu untuk sesuatu, moral merupakan perilaku yang seharusnya dilakukan atau dihindari, sedangkan sikap merupakan kecenderungan individu untuk merespon terhadap suatu objek atau sekumpulan objek bebagai perwujudan dari sistem nilai dan moral yang ada di dalam dirinya. Sistem nilai mengarahkan pada pembentukan nilai-nilai moral tertentu yang selanjutnya akan menentukan sikap individu sehubungan dengan objek nilai dan moral tersebut. Dengan sistem nilai yang dimiliki individu akan menentukan perilaku mana yang harus dilakukan dan yang harus dihindarkan, ini akan tampak dalam sikap dan perilaku nyata sebagai perwujudan dari sistem nilai dan moral yang mendasarinya.

2.3.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai, Moral, dan Sikap

Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap perkembangan nilai, moral, dan sikap individu mencakup aspek psikologis, sosial, budaya, dan fisik kebendaan, baik yang terdapat dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kondisi psikologis, pola interaksi, pola kehidupan beragama, berbagai sarana rekreasi yang tersedia dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat akan mempengaruhi perkembangan nilai, moral dan sikap individu yang tumbuh dan berkembang di dalam dirinya.


BAB III
PENUTUP

3.1        Kesimpulan

Setelah memperhatikan isi dalam pembahasan di atas, maka dapat tarik kesimpulan sebagai berikut:
Ada tiga konsep yang masing-masing mempunyai makna, pengaruh, dan konsekuensi yang besar tehadap perkembangan perilaku individu, yaitu nilai, moral, dan sikap. Nilai merupakan sesuatu yang memungkinkan individu membuat keputusan mengenai apa yang dibutuhkan atau sebagai suatu yang ingin dicapai. Moral adalah ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia mana yang baik dan wajar. Dan sikap adalah kecenderungan emosional yang dipelajari untuk merespon secara konsisten terhadap suatu objek.

Faktor lingkungan sangatlah berpengaruh bagi perkembangan sistem nilai, moral dan sikap. Maka untuk membangun pribadi yang kuat kita perlu memperhatikan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pergaulan dan lingkungan masyarakat.


REFERENSI
Dliyah jun. 2013. "Makalah Peserta Didik: Perkembangan Nilai, Moral dan Sikap". http://fmardliyahjun.wordpress.com/2013/04/03/makalah-peserta-didik-perkembangan-nilai-moral-dan-sikap/ (diunduh tanggal 25 Juli 2014)

Mahfudin / 15113233
1KA07